0

Strategi Influencer Marketing Yang Cocok Untuk Bisnis Startup

19 Juli 2022

Dengan munculnya bisnis startup baru setiap hari, tantangan utama yang dihadapi oleh bisnis startup adalah persaingan antar bisnis. Bisnis rintisan semakin sulit untuk “menonjol” dari pesaing lainnya.

Faktanya, kebanyakan bisnis rintisan gagal di awal tahun karena keterbatasan dana, kurangnya kompetensi, dan sumber daya. Dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru adalah dengan memanfaatkan promosi produk oleh micro influencer indonesia. Influencer memiliki pasar atau audiens yang besar yang sudah mempercayai mereka.

Bagaimana Marketing Influencer Yang Cocok Untuk Bisnis Startup?

Pemasaran Influencer

Pada dasarnya, pemasaran ini adalah metode mempromosikan dan menjual produk atau jasa bisnis Anda melalui orang-orang yang memiliki tingkat pengaruh yang tinggi dalam kelompok atau pasar tertentu.

Melalui posting di blog, media sosial, video YouTube, dan sarana komunikasi sosial lainnya, mereka dapat memasarkan konten tentang produk dan layanan bisnis Anda untuk dilihat dan diterima oleh calon pelanggan Anda.

Bentuk konten yang disediakan oleh mereka seringkali dianggap lebih kredibel, disukai, dan autentik dibandingkan media lain.

Dua Jenis Influencer

Influencer terbagi menjadi dua jenis, yaitu Micro Influencer dan Macro Influencer. Sangat penting untuk memahami perbedaan antara Micro Influencer dan Macro Influencer. Serta bagaimana masing-masing dari keduanya akan menguntungkan bisnis startup Anda melalui kampanye pemasaran bisnis.

Perbedaan signifikan antara kedua jenis influencer ini terletak pada jumlah pengikutnya masing-masing. Seseorang dapat dikategorikan sebagai Micro Influencer jika memiliki 1.000 sampai 100.000 pengikut.

Konten yang Ditawarkan Oleh Influencer

Berikut adalah beberapa konten yang direkomendasikan yang dapat Anda “goreskan” untuk strategi Influencer Marketing bisnis startup Anda:

  • Instagram

Bentuk kolaborasi yang paling umum dengan Influencer yang menggunakan akun Instagram mereka sebagai platform utama mereka adalah Sponsored Post. Tergantung pada masing-masing Influencer, mereka dapat menawarkan add-on untuk memperkuat postingan mereka melalui Instagram Stories.

Misalnya, mereka akan meminta ketidakseimbangan layanan dalam bentuk uang tunai atau dalam bentuk produk yang dijual bisnis Anda.

  • Blog

Blogger juga merupakan bagian dari populasi Influencer. Manfaat menggunakan posting blog bersponsor adalah memuat informasi yang lebih detail dan relevan dengan apa yang ingin didapatkan konsumen atau pembaca.

Terkadang, memposting konten di media sosial dapat langsung berdampak tinggi, tetapi hanya sementara.

  • Youtube

YouTube merupakan platform lain tempat Anda dapat berkolaborasi dalam pembuatan konten untuk mempromosikan produk Anda.

Namun, Anda mungkin harus membayar lebih banyak insentif untuk konten yang dibuat oleh YouTuber daripada Blogger atau Influencer Instagram dengan jumlah pengikut yang sama. Mirip dengan postingan blog, konten video di YouTube bisa diakses kapan saja tanpa perlu takut dengan unggahan baru dari Youtuber lain.

Video di YouTube akan memanfaatkan salah satu fitur seperti AdSense, di mana Youtuber akan mendapatkan uang yang tidak seimbang dari iklan dari bisnis Anda yang melekat pada unggahan video mereka.

Anda sedang cari influencer skala micro untuk bisnis UMKM anda? Segera daftarkan bisnis anda dan cari partner bisnis anda bersama INFINA !